×
Judul

Panduan Membuat Artikel Konten Pilar dengan Mudah

 Konten pilar adalah konten yang memberikan informasi lengkap dan mendalam tentang topik tertentu yang relevan dengan bisnis Anda. Konten pi...

Desain Blog

3 Hal yang penting untuk blogger pemula



Ini adalah materi blogging pertama kita. Materi pertama kita adalah tentu saja membuat  sebuah blog di blogger. Tapi sebelum itu kalian harus tahu dan paham definisi blog, tujuan, dan manfaat dari blog sendiri.

Definisi, Tujuan dan Manfaat

Kalian bisa mencari dan membaca materi seputar definisi, tujuan, dan manfaat dengan melakukan googling. Zaman sekarang materi pembelajaran sudah sangat tersebar berserakan di internet. Cuma kalau kalian tak ada yang membimbing, tak punya guru maka jalan yang kalian tempuh tentu acak dan tak terarah.
Secara mudahnya blog adalah sebuah situs atau website sederhana yang berisi kumpulan tulisan. Selain konten berupa tulisan ada juga konten berupa foto, video, atau desain gambar-gambar.
Nah setelah kalian paham latar belakang dan motivasi ngeblog kalian maka kalian bisa langsung buka blogger.com untuk membuat blog kalian(bisa blog pertama atau kedua).  Hal yang perlu kalian persiapkan adalah NAMA BLOG(JUDUL) dan ALAMAT BLOG (namablogkalian[dot]blogspot[dot]com). Contoh blog catatanharianz.blogspot.com atau catatanmarya.blogspot.com
Baca juga artikel "".
Disclaimer: bagi yang sudah bisa bisa skip materi pertama ini atau bisa juga buat blog baru/kedua kalian.

Mengenal Judul, Tagline, dan Niche Blog

Judul blog adalah nama blog yg kalian tuliskan kemaren. Judul atau title ini adalah nama yang menunjukkan identitas blog kalian. Umumnya judul mirip dengan alamat blog. Sampai sini coba lihat kembali apakah judul blog kalian sudah sesuai dengan yang kalian inginkan?
Jika ingin diubah kalian bisa mengubahnya di bagian pengaturan blogger.

Tagline atau slogan adalah sebuah kata atau kalimat singkat yg menggambarkan tema atau topik seputar isi blog. Tagline ini bisa berupa kumpulan kata kunci atau keyword. Tagline ini membantu mesin pencari dalam mengkategorikan blog kalian serta membantu pembaca untuk mengenali tema blog kalian.

Niche blog secara mudahnya adalah target pembaca yang mau disasar. misal blog kalian tentang traveling nah traveling apa? lokal atau internasional, solo atau grup, backpacker atau jasa, dll.
Nah sampai sini silakan dilihat kembali blog masing2 apakah kalian sudah punya tagline dan niche?
Ini penting karena akan membantu kalian untuk konsisten dan menulis yang terstruktur ke depannya. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang niche silakan baca artikel "".

Membuat Postingan pertama

Setelah kalian membuat sebuah website kalian akan mendapatkan sebuah nama blog (judul blog) dan alamat blog. Selanjutnya yang perlu kalian lakukan adalah membuat konten tulisan pertama kalian.
Apa yang mau saya tulis?
Mungkin pertanyaan itu yang ada di benak kalian. Tapi tenang aja pertanyaan itu juga yang dipikirkan oleh banyak blogger pemula. Sebenarnya menulis itu hal yang mudah tapi menulis tentang apa itu tidak mudah.
Menulis yang terarah isinya dan baik susunan bahasanya itu sulit. Memang hal ini berat untuk blogger pemula.
Terus bagaimana caranya?
Semua butuh proses dan latihan. Tentunya ini butuh waktu dan usaha terus menerus. Tapi jangan menyerah untuk mencoba. Mulailah dengan sesuatu yang bisa kalian tulis tentang apa saja. Misal tentang hobi, pengalaman, resep masakan atau lainnya.

Selamat ngeblog ya!

3 Hal yang penting untuk blogger pemula 3 Hal yang penting untuk blogger pemula Reviewed by Zaenal Arifin on November 29, 2018 Rating: 5

3 comments:

  1. Kesalahan bloger pemula adalah terlalu banyak mikir tapi ga jadi nulis. Padalah ngeblog itu tentang apa yang tertuang di blog bukan saja isi kepala. Emangnya kita bisa apa kalau cuma berada di kepala tapi ga dituliskan? hehe...

    ReplyDelete
  2. Artikel yang menarik mas. Tp maaf akan lebih mudah dipahami kalo di tiap paragraf diberi gambar. Salam kenal ya mas...

    ReplyDelete

Most Popular

Domain and Hosting

hosting indonesia
Powered by Blogger.