×
Judul

Panduan Membuat Artikel Konten Pilar dengan Mudah

 Konten pilar adalah konten yang memberikan informasi lengkap dan mendalam tentang topik tertentu yang relevan dengan bisnis Anda. Konten pi...

Desain Blog

5 Hal Penting untuk Tulisan di Blog


Tulisan yang bagus tentunya akan menjadi sebuah keunggulan konten. Dalam sebuah blog kualitas konten tulisan sangat penting untuk mendapatkan banyak pengunjung. Oleh karena itu diperlukan teknik yang tepat untuk meningkatkan kualitas tulisan di blog. Ada minimal 5 hal yang perlu diperhatikan dalam postingan di blog agar tulisan tersebut berkualitas.


1. Judul

Usahakan judul blog menarik dan memuat kata kunci. Buat kata kunci dalam 60 karakter pertama judul. Artinya bahwa jika judul terpaksa panjang maka kata kunci perlu ditulis di depan agar tampil di tautan pencarian. Hal ini karena dalam mesin pencari google hanya sebanyak 66 karakter saja yang terindeks dalam link. Hindari judul yang normatif dan bersifat umum misal "Cara membuat kue enak". Judul yang umum itu tidak menarik pembaca untuk merespon tulisan itu, misalnya "Cara Menghasilkan Konten Untuk Desain Situs Web yang Sukses". Tapi sebaiknya carilah judul yang mengundang penasaran atau keingintahuan pembaca.

2. Heading

Heading ini adalah style untuk memisahkan bagian/section dalam tulisan. Jika tulisan panjang diatas 350 kata maka perlu dibagi dalam sub judul atau subheading. Hal ini berguna untuk membantu pembaca untuk memilah informasi dan membuat pembaca nyaman terhadap tulisan.
Heading ini bisa digunakan juga sebagai daftar isi konten tulisan. Untuk tulisan yang sangat panjang(misal di atas 2000 kata maka heading ini sangat penting dan memudahkan dalam membuat daftar isi atau kerangka tulisan.

3. Isi tulisan

Isi tulisan berupa gambar ilustrasi, teks kalimat yang menjelaskan isi tulisan, dan link/tautan ke artikel lain atau sumber referensi. Gambar ilustrasi dipilih yang sesuai dengan isi tulisan. Jika mau mengambil atau mengcopy dari internet maka pilihlah dari sumber terbuka agar tidak bermasalah tentang copyright.
Usahakan isi tulisan menjelaskan kata kunci yg ada di judul. Agar lebih menambah penekanan bagi pembaca maka ada baiknya jika kata kunci diberi tanda spesial seperti huruf tebal, miring atau garis bawah. Buatlah paragraf yang ringan dan tidak gemuk. Paragraf yang ringan itu maksimal terdiri dari 150 kata. Jika sebuah paragraf terdiri lebih dari 150 kata maka bagilah ke dalam 2 paragraf yang ringan.
Untuk sebuah tulisan yang bagus itu terdiri lebih dari 500 kata. Ini juga relatif, tergantung jenis tulisan. Untuk sebuah cerita pendek atau bersambung tentunya lebih panjang lagi tapi tulisan sejenis puisi tentunya lebih sedikit jumlah katanya.
Buatlah tulisan yang sesuai dengan profil pembaca. Misalnya tulisan untuk kalangan pelajar, anak muda, orang tua atau kalangan profesional tentunya gaya penulisannya berbeda.

4. Label

Beri label tulisan sesuai bidang dan kategori masing-masing. Buatlah minimal satu label untuk sebuah tulisan. Sebuah tulisan bisa memiliki lebih dari satu label. Untuk maksimalnya tentu sesuai konten tulisan.
Label ini berfungsi sebagai klasifikasi jenis tulisan. Sebagai contoh tulisan tentang masakan maka jenis labelnya bisa berupa jenis masakan tradisional, seafood, vegetarian, atau yang lain. Bisa juga jenis masakan berdasar asal masakan misal masakan jawa, sunda, sulawesi atau yang lain.

5. Tautan atau link

Pastikan tautan ini mengandung kata kunci yang terdapat pada judul. Jika tidak maka ubah judulnya atau ganti secara manual tautannya. Tautan ini sangat penting bagi mesin pencari untuk mendapatkan kata kunci pada sebuah tulisan. tautan ini juga bermanfaat untuk bisa dibagikan di media lain seperti media sosial atau untuk dihubungkan dengan tulisan yang terkait.
Jika ada pertanyaan silakan ketik pada komentar di bawah. Atau jika ada pertanyaan lebih lanjut silakan kontak penulis melalui tautan yang tersedia.

Selamat ngeblog!

Baca Juga 3 Hal yang penting untuk blogger pemula
5 Hal Penting untuk Tulisan di Blog 5 Hal Penting untuk Tulisan di Blog Reviewed by Zaenal Arifin on November 30, 2018 Rating: 5

12 comments:

Most Popular

Domain and Hosting

hosting indonesia
Powered by Blogger.