×
Judul

Panduan Membuat Artikel Konten Pilar dengan Mudah

 Konten pilar adalah konten yang memberikan informasi lengkap dan mendalam tentang topik tertentu yang relevan dengan bisnis Anda. Konten pi...

Desain Blog

Menu dan Halaman yang Perlu Dibuat oleh Blogger Pemula

Hasil gambar untuk menu

Materi sebelumnya kita sudah belajar tentang pengetahuan dasar blog, judul, tagline, niche dll. Hal lain yang juga sudah dipelajari sebagai pemula tentunya adalah teknik penulisan di postingan artikel. Nah materi selanjutnya kita akan belajar tentang Menu dan Halaman
Ok langsung saja kita mulai pelajaran kali ini

Menu

Menu secara sederhana adalah sebuah daftar piliham. Seperti halnya menu di restoran yang tertulis daftar menu yang bisa dipilih oleh pelanggan. Menu berfungsi sebagai navigasi dalam penjelajahan situs kalian. Daftar menu di website kalian bisa berupa halaman, link navigasi, pencarian atau yang lain. Daftar menu bisa terletak di atas(header), bawah (footer) atau juga bisa di sidebar (bilah samping)


Untuk sebuah blog tentu biasanya menu tersebut berupa link ke halaman atau sebuah konten yang mengandung tulisan tertentu. bisa juga menu tersebut berupa link kumpulan artikel yang mempunyai label atau ketegori yang sama.

Halaman

Selanjutnya halaman atau laman. Halaman adalah sejenis postingan yang umumnya tetap, yang bersifat statis atau tidak mengalami perubahan. Halaman ini biasanya menjelaskan spesifik identitas atau kelengkapan blog.
Setidaknya minimal ada 3 halaman yang minimal harus ada pada blog pemula

1. About/Tentang

Halaman ini menjelaskan tentang profil blog. Jelaskan profil blog kalian dengan bahasa yang sederhana. Apa tema, topik, atau bidang yang kalian angkat dalam blog itu. Seperti waktu kalian menentukan nama dan niche blog. Jika blog kalian tentang resep masakan maka tulislah bahwa blog ini adalah blog seputar masakan dll. Jika blog kalian tentang traveling atau jalan-jalan maka tulislah profil blog kalian tentang jalan-jalan, tempat wisata, transportasi ke tempat wisata dll.

2. Kontak

Halaman kontak ini menjelaskan profil penulis, ada email, no hp(jika diperlukan), username/ID dari media sosial seperti Facebook, Twitter, Google+, atau Youtube.
Kalian bisa juga membuat form kontak untuk menyediakan kesempatan pembaca untuk mengirimkan pesan langsung ke penulis blog.
Jika ingin melihat contoh kontak sederhana bisa lihat halaman kontak pada blog ini

3. Privacy Policy/Disclaimer/Term of Service

Tiga hal di atas adalah sebuah panduan atau ketentuan yang perlu untuk dinyatakan oleh penulis blog kepada pembaca. Bagaimana informasi diberikan, ketentuan apa saja ayng diperkenankan, layanan jika ada dan lain sebagainya. Kalian bisa memilih mana saja yang diperlukan dalam blog kalian. jika di blog kalian ada iklan atau sejenisnya maka tentunya hal itu perlu untuk disampaikan kepada pembaca demi kenyamanan dan privasi mereka.
Ada juga Sitemap yang berfungsi sebagai daftar isi yang membantu pembaca atau google untuk mendapatkan tulisan kalian. Tentunya hal ini baik sebagai navigasi pembaca atau mesin pencari dalam menemukan konten atau artikel yang sesuai.

Oke sampai disini penjelasan tentang menu dan halaman buat blogger pemula. Jadi, sudahkan blog kalian ada menu dan halaman tersebut?
Menu dan Halaman yang Perlu Dibuat oleh Blogger Pemula  Menu dan Halaman yang Perlu Dibuat oleh Blogger Pemula Reviewed by Zaenal Arifin on December 04, 2018 Rating: 5

No comments:

Most Popular

Domain and Hosting

hosting indonesia
Powered by Blogger.